PENGGUNAAN METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH
Keywords:
Penggunaan, Metode Cerita, Pembelajaran, PAI, SekolahAbstract
Metode cerita merupakan salah satu metode yang banyak dipergunakan di Sekolah-sekolah Dasar akan tetapi saat ini metode ini juga digunakan bagi siswa sekolah dasar. Metode bercerita merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi anak didik dengan membawakan cerita kepada mereka secara lisan. Cerita yang dibawakan guru harus menarik, dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan siswa. Sehingga siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Penelitian ini termasuk kedalam library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara atau metode cerita dalam penyampaian cerita yang perlu diketahui dan di perhatikan oleh guru, yaitu: tempat bercerita, posisi duduk, bahasa cerita, intonasi guru, pemunculan tokoh-tokoh, penampakan emosi, peniruan suara, penguasaan terhadap siswa yang tidak serius, dan menghindari ucapan spontan. Kontribusi cerita dalam pembelajaran PAI dapat membantu guru pada penjelasan, penafsiran dan memudahkan berbagai kesulitan dalam memahami sebuah ilmu pengetahuan serta menambah wawasan siswa. Banyak hakikat-hakikat (ilmu pengetahuan) yang diketahui anak didik, namun tidak sedikit yang tidak mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga seorang guru harus mampu menjelaskan pada anak didiknya melalui cerita-cerita, hikayat-hikayat untuk memperoleh berbagai hakikat dalam aktivitas kehidupannya.