STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MADRASAH
Abstract
Strategi adalah komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. terlebih terkait erat dengan proses pembinaan akhalakul karimah siswa di madrasah. Di dalam proses pembinaan akhlakul karimah siswa pada madrasah, seorang guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam penyampaian materi agama Islam harus memiliki strategi yang tepat agar penyampaian materi pembinaan akhlakul karimah siswa mampu berjalan dengan baik dan maksimal. Guru juga dituntut tidak hanya menyampaikan tetapi juga menjadi contoh dari pembinaan akhlakul karimah, agar siswa mengikuti apa yang dicontohkan oleh gurunya. Dalam penulisan karya ilmiah ini penulis menggunakan tehnik deskriptif yaitu Library Research (Penelitian Pustaka) yaitu suatu teknik pengumpulan data melalui perpustakaan dengan mengkaji buku-buku yang ada korelasi dengan judul penelitian yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan akhlakul karimah siswa adalah segala budi pekerti baik yang ditimbulkan siswa tanpa melalui pemikiran dan pertimbangan yang mana sifat itu menjadi budi pekerti yang utama dan dapat meningkatkan harkat dan martabat siswa. Begitu penting pembinaan akhlak pada siswa di madrasah, agar tercapai dan terwujudnya manusia yang ideal yaitu anak yang bertaqwa kepada Allah SWT dan cerdas di dunia pendidikan. Strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) yang dilakukan untuk pembinaan Akhlakul karimah siswa pada madrasah, diantaranya ialah: pendidikan secara langsung dan pendidikan secara tidak langsung. Adapun kendala-kendala yang menjadi sumber atau yang mempengaruhi pembinaan akhlak pada siswa di madrasah, diantaranya: kendala-kendala internal dan kendala-kendala external.