PENGARUH KEGIATAN EKTRAKURIKULER TERHADAP PEMBELAJARAN AGAMA DI MADRASAH
Abstract
Keberhasilan proses pendidikan banyak tergantung pada bagaimana keadaan, kemampuan, tingkat perkembangan dari siswa itu sendiri. Bahan pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat diresapi atau sama sekali tidak dihayati bergantung pada apakah siswa memberi sambutan atau menolaknya. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) yaitu menganalisa data yang telah diperoleh melalui surat kabar, jurnal serta buku-buku tentang kegiatan ektra kurikuler dan pembelajaran agama. Data dikumpulkan buku-buku, jurnal-jurnal, dan hasil penelitian lainnya dari berbagai perpustakaan. Analisa data dengan cara analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan ekstrakurikuler bertujuan agar siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan keterampilan mengenai hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya yang: beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat rohani dan jasmani, dan berkepribadian yang mentap dan mandiri memilki rasa tanggung jawab kemasyarakatan serta kebangsaan siswa mampu mefungsikan pendidikan kepribadian serta mengaitkan pengetahuan yang diperolehnya dalam program kurikulum dengan kebutuhan dan keadaan lingkungan. Kegiatan ekstrakurikuler ini mengandung nilai kegunaan tertentu, antara lain : penyaluran minat dan bakat, motivasi belajar, loyalitas terhadap madrasah, perkembangan sifat-sifat tertentu, dan mengembangkan citra masyarakat terhadap madrasah